loading...

Wednesday, August 30, 2017

ZamanWeda (1500SM-600SM)



Zaman Weda meliputi 3 zaman yaitu:
a. Zaman Weda Kuna
Zaman ini dimulai dari datangnya bangsa Arya kurang lebih 2.500 tahun sebelum Masehi ke India. Dengan menempati lembah sungai Sindhu, yang juga dikenal dengan nama Punyab (daerah lima aliran sungai). B angsa Arya tergolong ras Indo Eropa yang terkenal sebagai pengembara, cerdas, tangguh dan terampil.
Zaman Weda Kuna merupakan zaman penulisan wahyu suci Weda yang pertama yaitu Reg Weda. Kehidupan beragama pada zaman ini didasarkan ajaran - ajaran yang  tercantum pada Weda Samhita. Weda adalah kitab suci agama Hindu, sumber ajaran agama Hindu. Semua ajaran bernafaskan Weda, Weda menjiwai ajaran agama Hindu, karena itu agama Hindu diketahui kewenangan ajaran kitab suci Weda. Weda adalah wahyu atau sabda suci Tuhan Yang Maha Esa atau Hyang Widhi Wasa, yang diyakini oleh umatnya sebagai Anadi Ananta yakni tidak berawal dan tidak diketahui kapan diturunkan dan berlaku sepanjang masa.
Namun demikian di kalangan sarjana, baik Hindu maupun barat telah berikhtiar untuk menentukan kapan sebenarnya Weda itu diwahyukan, hal ini dikemukaan antara lain oleh:
1.      Lokamaya Tirakshastri:
Memperkirakan Weda sudah diturunkan sekitar 6.000 tahun sebelum Masehi.

2.      Bal Gangadhar:
Memperkirakan Weda sudah diturunkan sekitar tahun 4.000 tahun sebelum Masehi, yang diterima oleh para Maha Rsi.

Maha Rsi adalah orang-orang suci yang dapat berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Di dalam agama Hindu, Maha Rsi penerima wahyu itu tidaklah hanya seorang, melainkan beberapa orang, yang telah populer dengan sebutan Sapta Rsi yaitu tujuh orang rsi. Ketujuh Maha Rsi itu adalah: Maha Rsi Grtsamada, Maha Rsi Wiswamitra, Maha Rsi Atri, Maha Rsi Bharadwaja, Maha Rsi Wasistha, Maha Rsi Kanwa, Maha Rsi Wamadewa.

Selain Sapta Rsi dikenal dengan 29 Maha Rsi penerima wahyu yang disebut dengan Nawavimsati Krtyasca Vedavyastha Maaharsihbih antara lain: Swayambhu, Daksa, Usana, Aditya, Wrhaspati, Mrtyu, Indra, Wasistha, Saraswata, Tridhatu, Tridrta, Sandyaya Akasa, Dharma, Triyaguna, Dhanajaya, Kertayaya, Ranajaya, Gotama, Utamama, Parasara dan Vyasa.
Pada zaman Weda, dilanjutkan dengan penulisan dan penghimpunan wahyu Weda lainnya, seperti: SamaWeda, YajurWeda, AtharwaWeda, yangpenulisannyamempunyai jarak waktu sangat jauh jika dibandingkan dengan Reg Weda.
1.      Reg Weda
Merupakan yang tertua dan terpenting. Isinya dibagi atas 10 Mandala, menunjukkan kebenaran yang mutlak. Mantramnya terdiri dari 10.552. Diucapkan untuk mengundang, mendekatkan Tuhan Yang Maha Esa dan manifestasinya yang dipuj a agar hadir pada saat upacara. Pengucapan mantra adalah pemimpin upacara yang disebutHotr.
2.      Sama Weda    
Isinya hampir selurahnya diambil dari Reg Weda kecuali beberapa nyanyian pada waktu upacara dilakukan. Jumlah mantramnya terdiri dari 1.875. Penyampaian nyanyiannya diberikan lagu, yang diucapkan oleh pemimpin upacara yang disebut Udagar.
3.      Yajur Weda'
Terdiri dari 1.975 mantra, berbentuk prosa yang isinya berupa Yajur atau lafal dan doa, pengucapnya pemimpin upacara bernama Adwaryu pada saat dilaksanakan suatu korban upacara.
4.      Atharwa Weda
Terdiri dari 5987 mantra berbentuk prosa y ang isinya berupa mantra-mantra dan kebanyakan bersifat magis, yang memberikan tuntunan hidup sehari-hari berhubungan dengan keduniaan seperti tampak dalam sihir, tenung, dan pedukunan.


No comments:

Post a Comment