loading...

Wednesday, August 30, 2017

35 RUMAH ADAT DI INDONESIA DARI MASING-MASING PROVINSI bag. 3
13. RUMAH ADAT JOGLO | RUMAH ADAT PROVINSI JAWA TENGAH
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Jawa Tengah - Joglo
Rumah adat Joglo berasal dari provinsi Jawa Tengah, yang merupakan rumah adat suku Jawa di bagian tengah dari Pulau Jawa. Rumah adat ini terdiri dari beberaa ruang di dalamnya. Ruangan-ruangan tersebut memiliki fungsi tersendiri. Ada ruang pendopo sebagai ruang tamu terbuka di depan rumah. Ruang pringgitan atau ruang samping sebagai ruang akses masuk dan keluar rumah. Ruang dalem yang merupakan ruang utama di dalam rumah. Ruang sentong berfungsi untuk ruang penyimpanan. Ruang gandok tengen dan gandok kiwo untuk kamar tidur keluarga..
14. RUMAH ADAT BANGSAL KENCONO | RUMAH ADAT PROVINSI JOGJAKARTA
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Aceh - Bangsal Kencono.
Rumah Bangsal Kencono merupakan rumah adat di Indonesia yang berasal dari provinsi Jogjakarta. Dahulu kala, rumah adat ini dipakai untuk tempat tinggal raja-raja Jawa dan pejabat kerajaan. Biasanya lokasinya ada di bagian tengah dari keraton kesultanan. Dalam rumah adat ini terdapat banyak filosofi dan nilai-nilai kehidupan. Dimana setia bagian di dalamnya meruakan perlambangan dari laku polah manusia, alam semesta dan kehidupan didalamnya.
15. RUMAH ADAT JOGLO (JAWA TIMURAN) | RUMAH ADAT PROVINSI JAWA TIMUR
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Jawa Timur - Joglo Jawa Timuran
Rumah adat Joglo (Jawa Timuran) merupakan rumah adat yang masih hampir sama dengan joglo Jawa Tengah. Baik dari segi tampilan arsitekturnya maupun dari segi aksen yang ditampilkan. Namun untuk joglo dari Jawa Timur lebih minimalis tetapi artistik. Terlihat dari penambahan beberapa ruangan di dalamnya dengan fungsi lebih spesifik. Selain itu banyak nilai filosofis dan sanepan yang terkandung di dalam rumah ini. Sehingga semacam rumah adat yang didirikan atas dasar nilai luhur dan kebudayaan yang kental.
16. RUMAH ADAT KEBAYA | RUMAH ADAT PROVINSI DKI JAKARTA
Rumah Adat di Indonesia -Rumah Adat DKI Jakarta - Rumah Adat Kebaya
Rumah kebaya merupakan rumah adat yang kental dengan budaya Betawi. Sehingga bentuk rumah adat ini cukup khas dan juga mudah dikenali. Terlebih lagi di Jakarta, rumah kebaya tergolong langka dan sulit ditemui. Rumah adat betawi initenggelam diantara lautan gedung-gedung pencakar langit. Dewasa ini , rumah adat kebaya hanya bisa dijumpai di daerah perkampungan betawi saja. Itu pun jumlahnya juga tidak banyak, hanya sekitar belasan saja.


17. RUMAH ADAT GAPURA CANDI BENTAR | RUMAH ADAT PROVINSI BALI
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Bali - Gapura Candi Bentar
Rumah adat gapura candi bentar adalah rumah adat dari Bali. Pulau seribu pura ini masih menjunjung tinggi budaya dan adat istiadat daerahnya dengan kental. Dimana budaya dan adat istiadat tersebut menyatu dengan agama mayoritas di sana, yakni hindu. Sehingga rumah adat gapura candi bentar ini menyerupai pura lengkap dengan gapura masuknya. Berbeda dengan ruah adat lainnya, rumah adat provinsi Bali ini cukup mudah kita jumpai di sana. Itu tandanya rumah adat di Indonesia yang satu ini termasuk rumah adat yang masih banyak didirikan di daerah asalnya.
18. RUMAH ADAT DALAM LOKA | RUMAH ADAT PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Nusa Tenggara Barat - Rumah Adat Dalam Loka

Rumah adat dalam loka merupakan rumah adat dari suku-suku asli yang mendiami Nusa Tenggara Barat. Suku-suku tersebut antara lain adalah suku Sasak, suku Sumbawa, suku Dongu dan suku Dompu. Rumah adat dalam loka memiliki sejarah yang cukup unik. Dahulu kala rumah adat ini tidak diperuntukkan untuk tempat tinggal, tetapi untuk istana raja dan tetua adat. Seiring dengan perkembangan zaman, rumah ini mulai difungsikan untuk tempat tinggal warga setempat. Di Nusa Tenggara Barat sendiri masih cukup mudah menjumpai rumah adat ini, khususnya di pedesaan dan daerah adat suku setempat.

No comments:

Post a Comment