loading...

Wednesday, August 30, 2017

35 RUMAH ADAT DI INDONESIA DARI MASING-MASING PROVINSI BAG. 6

35 RUMAH ADAT DI INDONESIA DARI MASING-MASING PROVINSI bag. 6
31. RUMAH ADAT BAILEO | RUMAH ADAT PROVINSI MALUKU
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Maluku - Baileo
Rumah adat Baileo merupakan rumah adat provinsi Maluku. Rumah adat yang satu ini melambangkan kemajemukan agama di Maluku. Dimana terdaat aksen-aksen beberapa agama dan juga kebudayaan setempat. Ciri khas yang paling mencolok adalah ukurannya yang besar dibandingkan rumah modern. Sebab rumah adat tersebut tidak hanya diakai sebagai tempat tinggal saja. Biasanya upacara adat, acara musyawarah dan juga hiburan dilaksanakan di sana. Uniknya di dalam salah satu ruangan rumah ini pasti terdapat ruangan khusus untuk menyimpan benda-benda pusaka suci suku asli di sana.
32. RUMAH ADAT SASADU | RUMAH ADAT PROVINSI MALUKU UTARA
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Maluku Utara - Sasadu
Rumah adat sasadu merupakan rumah adat provinsi Maluku Utara. Rumah adat ini berbentuk rumah panggung dengan dekorasi dan aksen yang unik. Bahkan keunikannya juga bisa ditemui pada jumlah pintu yang ada di rumah ini. Ada sekitar 6 pintu dengan fungsi yang berbeda beda. Dua pintu khusus untuk keluar masuk laki-laki. Dua pintu untuk keluar masuk perempuan. Sedangkan dua pintu masuk lagi untuk keluar masuk para tamu. Jadi bisa dibilang kalau rumah sasadu adalah rumah adat di Indonesia dengan pintu terbanyak.
33. RUMAH ADAT HONAI | RUMAH ADAT PROVINSI PAPUA
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Papua - Honai
Rumah adat di Indonesia yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi. Ya, rumah adat honai dari provinsi Papua. Rumah adat honaidibangun dari kayu dan juga ilalang, dimana kayu sebagai dindingnya dan atapnya dari ilalang. Rumah honai bisa dibilang adalah rumah adat tersempit dan terminimalis di Indonesia. Dibangun dengan ukuran kecil tanpa jendela dan celah cahaya. Tujuannya agar rumah teta hangat meski udara di luar sangat dingin. Karena mayoritas penduduk Papua tinggal di Perbukitan atau gunung.
34. RUMAH ADAT MOD AKI AKSA | RUMAH ADAT PROVINSI PAPUA BARAT
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Papua Barat - Mod Aki Aksa
Rumah adat Mod Aki Aksa atau rumah kaki seribu ini terdapat di Papua Barat. Bentuknya hampir mirip dengan honai, tetapi rumah adat ini berbentuk panggung. Dimana terdapat banyak penyangga dibagian bawah lantai rumah ini. Sehingga diberilah nama sebagai rumah adat kaki seribu atau dalam bahasa suku Arfak disebut mod aki aksa. Seluruh bagian dari bangunan ini menggunakan bahan alam seperti kayu, pelepah sagu, ilalang dan tali dari kulit pohon.
35. RUMAH ADAT LGKOJEI | RUMAH ADAT PROVINSI TELUK CENDERAWASIH
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Teluk Cenderawasih - Lgkojei
Rumah adat Lgkojei merupakan rumah tradisional dari suku Wamesa yang ada di provinsi Teluk Cenderawasih. Rumah ini berbentuk mirip dengan rumah Mod Aki Aksa, karena memang namanya juga sama. Lgkojei adalah bahasa suku Wamesa untuk menyebut rumah adat kaki seribu. Jadi rumah adat provinsi Teluk Cenderawasih juga rumah adat kaki seribu. Tetapi bentuk dari rumah adat di Indonesia yang satu ini berbeda dengan yang ada di Papua Barat. Bentuknya lebih mirip rumah panggung dengan atap rumah modern. Selain itu terdapat banyak ventilasi dan juga lubang cahaya. Bisa dibilang rumah adat ini adalah rumah adat perkembangan.


No comments:

Post a Comment