loading...

Wednesday, August 30, 2017

35 RUMAH ADAT DI INDONESIA DARI MASING-MASING PROVINSI BAG. 5

35 RUMAH ADAT DI INDONESIA DARI MASING-MASING PROVINSI bag. 5
25. RUMAH ADAT PEWARIS | RUMAH ADAT PROVINSI SULAWESI UTARA
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Sulawesi Utara - Pewaris
Rumah adat Pewaris merupakan rumah adat suku Minahasa yang merupakan suku asli dari Provinsi Sulawesi Utara. Rumah pewaris atau rumah walewangkoa berwujud rumah panggung dengan tiang balok kayu dan dua buah tangga kanan-kiri di bagian depan. Hampir seluruh bagian dari rumah adat di Indonesia ini terbuat dari bahan kayu asli. Selain itu, keunikan lainnya juga terdapat pada pembagian ruangannya. Ada ruangan berama Setup Emperan yang berfungsi sebagai tempat menerima tamu. Ruang Pores sebagai ruangan untuk tidur. Serta ruang sangkor untuk tempat menyimpan persediaan makanan/lumbung padi.
26. RUMAH ADAT TAMBI | RUMAH ADAT PROVINSI SULAWESI TENGAH
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Sulawesi Tengah - Tambi
Rumah adat tambi merupakan rumah adat tradisional dari Sulawesi Tengah. Rumah ini memiliki bentuk persegi panjang dengan gaya arsitektur rumah panggung. Bahan material yang digunakan kebanyakan adalah kayu asli dan juga batu alam. Dalam rumah adat ini juga dikenal adanya pembagian ruang. Dimana terdapat ruang ruang utama, dapur dan ruang tamu, semuanya ruangan berkumpul menjadi satu dengan sekat. Ada mitos yang mengatakan, rumah adat tambi hanya boleh dibangun menghadap ke utara atau selatan. Untuk membedakan status sosial, maka dibuatlah embeda menurut jumlah anak tangga. Rumah orang besar beranak tangga genap, sedangkan rumah orang biasa beranak tangga ganjil.
27. RUMAH ADAT BUTON | RUMAH ADAT PROVINSI SULAWESI TENGGARA
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Sulawesi Tenggara - Buton
Rumah adat buton merupakan rumah adat di Indonesia yang berasal dari provinsi Sulawesi Tenggara. Dari segi karakteristik arsitektur banguannya cuku unik. Dimana rumah adat ini dibangaun dalam 4 lantai dengan teknik kontruksi kayu kait tanpa pasak dan paku. Itu tandanya masyarakat Sulawesi tenggara memiliki ketrampilan bangunan yang luar biasa. Keterampilan ini sudah turun temurun diwariskan dari generasi ke generasi. Namun dewasa ini cukup sedikit anak muda yang mau belajar dan mewarisi kemahiran dalam mebuat bangunan.
28. RUMAH ADAT TONGKONAN | RUMAH ADAT PROVINSI SULAWESI SELATAN
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Sulawesi Selatan - Tongkonan
Rumah Tongkonan merupakan rumah adat suku Toraja, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini memiliki ciri khas yang mencolok di bagian atanya. Ya, atap rumah ini berbentuk lengkung seperti perahu. Selain itu dibagian tersebut juga terdaat deretan tanduk kerbau yang berda di bagian depan rumah. Nah, uniknya lagi, rumah adat ini memiliki dua fungsi. Yakni sebagai tempat tinggal dan juga tempat penyimpanan mayat. Tetapi keduanya terpisah, tidak dijadikan satu.
29. RUMAH ADAT DULOHUPA | RUMAH ADAT PROVINSI GORONTALO
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Gorontalo - Dulohupa
Rumah Adat Dulohupa merupakan rumah adat dari provinsi Gorontalo. Rumah adat di Indonesia ini memiliki aksen atap yang cukup berseni dengan struktur bangunan khas rumah panggung. Sebagian besar material yang dipakai untuk membangun rumah ini adalah kayu asli. Sama seperti rumah adat sebelumnya, rumah adat dulohupa mempunyai dua fungsi, yakni sebagai tempat tinggal dan juga balai musyawarah. Jadi bisa dibilang bahwa rumah adat ini adalah lambang kerukunan masyarakat Gorontalo. Sehingga dulohupa memiliki nilai filosofi yang luhur khususnya tentang kebersamaan, musyawarah dan gotong royong.
30. RUMAH ADAT MANDAR | RUMAH ADAT PROVINSI SULAWESI BARAT
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Sulawesi Barat - Mandar
Rumah adat mandar merupakan rumah adat yang berasal dari Sulawesi Barat. Rumah adat di Indonesia ini menggunakan teknik bangunan yang mirip dengan bangunan suku Bugis dan Toraja. Bedanya hanya pada teras yang luas dan jumlah anak tangga yang selalu dibuat ganjil. Selain itu sebagian besar dari stuktur material banguan dipergunakan bahan alam. Bahan tersebut berupa kayu asli, rumbia, ilalang, ijuk dan bambu. Didirikan berbentuk rumah panggung yang cukup tinggi. Karena semakin tinggi rumah yang dibangun, semakin tinggi pula status sosial orang tersebut.


No comments:

Post a Comment