loading...

Wednesday, August 30, 2017

Panca Maha Butha


Panca Maha Butha disebutkan adalah lima elemen dasar yang membentuk lapisan badan manusia (sarira kosha) atau unsur-unsur bhuwana agung, alam semesta kita ini. Dan Kelima unsur itu terdiri dari :
1.      Pertiwi; unsur padat / tanah
2.      Apah; unsur cair /air
3.      Teja; unsur cahaya / api
4.      Bayu; unsur angin / udara
5.      Akasa; Ruang / eter

Juga sebagai kekuatan yang memiliki sifat bhuta dewa (kekuatan anglurah / penglurahpenjaga para dewa) sebagaimana disebutkan dalam kutipan artikel penglurah << abstraksi agung yoga, Panca Maha Bhuta ini digolongkan menjadi lima kekuatan yang memiliki sifat Bhuta Dewa, yaitu sebagai berikut .

1.      Pertiwi, bermanifestai sebagai Ratu Anglurah Tangkeb Langit. Kemahakuasaannya sebagai lurah (pepatih) Ida Sang Hyang Wisesa atau menjadi sedahan tugu di lebuh depan rumah. Beliau memiliki kemahakuasaan sebagai Dewa Binatang Peliharaan, sebagai sedahan sawah.
2.      Teja, bermanifestasi sebagai Ratu Anglurah Wayahan Tebha (Ratu Anglurah Wayan Teba) yang memiliki kemahakuasaan menjadi kekuatan gunung, hutan, tempat angker, dan jalan simpang empat (catus pata). Beliau menjadi lurah (pepatih) Sang Hyang Siwa Reka dan bersama pada tempat suci pekarangan rumah.
3.      Apah, bermafestasi sebagai Ratu Anglurah Made Jalalung yang berkuasa sebagai sedahan tumbuh-tumbuhan dan pohon besar yang angker. Beliau menjadi pepatih di Merajan dan beristana pada bangunan tugu Merajan atau Pura.
4.      Bayu, bermafestasi sebagai Ratu Anglurah Nyoman Sakti Pengadangan (gelar dari "banaspatiraja"; Lontar Kanda Pat Sari) yang menguasai kekuatan penjaga daerah setra dan pura dalem, menjadi kekuatan danau, sungai, dan juga jurang. Beliau menjadi pepatih Sang Hyang Durga Manik yang beristana pada Penunggun Karang.
5.      Akasa, bermanifestasi sebagai Ratu Anglurah Ketut Petung yang menjadi kekuatan taksu segala profesi, menjadi Dewanya bayi, serta menjadi kekuatan Purusa dan Predana . Beliau menjadi pepatih dan beristana di bangunan Taksu di Merajan dan menjadi kekuatan profesi tukang perempuan dan laki-laki..
Sebagai tambahan dalam beberapa upacara yadnya dijelaskan, bahwa 

·                     Ngaben, pada saat  manusia  meninggal dunia juga disebutkan merupakan proses pengembalian unsur panca maha butha yang ada dalam diri  manusia pada asalnya atau ke pencipta, atau Ida Sang Hyang Widhi, Tuhan Yang Maha Esa.
·                     Pada hakekatnya, dijelaskan "Butha Yadnya", merupakan upacara yang menjaga keharmonisan dan merawat lima unsur alam ini. Kalau kelima unsur panca maha butha ini.























Bhuana Agung dan Bhuana Alit

Bhuana artinya, alam, dunia jagat. Agung artinya besar (jagat raya). Alit artinya kecil. Bhuana agung artinya dunia besar atau alam semesta. Bhuana Agung disebut dengan istilah Makrokosmos. Bhuana alit artinya dunia kecil (mahluk hidup). Bhuana alit disebut dengan istilah Mikrokosmos.
Unsur-unsur pembentuk bhuana agung dan bhuana alit adalah panca maha bhuta.

Unsur-unsur panca maha bhuta di Bhuana Agung
a.                        Pertiwi    : tanah, batu, pasir dan lain-lain
b.                        Apah      : zat cair seperti air sungai, air danau air tawar, dan sebagainya.
c.                        Teja        :  Sinar matahari
d.                        Bayu       :  gas, angin
e.                        Akasa     :  ether

Unsur-unsur panca maha bhuta di Bhuana Alit
                     a.    Pertiwi             : tulang dan daging
                    b.    Apah               : darah, air dalam tubuh.
                     c.    Teja                 : panas badan
                    d.    Bayu                : nafas
                     e.    Akasa              : rongga dada dan mulut

Contoh bhuana agung adalah : alam semesta beserta semua isinya misalnya : matahari, bulan, bintang, gunung, sungai beserta planet-planet lainnya. Contoh Bhuana alit manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan.








Persamaan bhuana agung dengan bhuana alit sama-sama dibentuk oleh unsur panca maha bhuta.
Perbedaan bhuana agung dan bhuana alit dari unsur panca maha bhuta.
Panca Maha Bhuta
Bhuana Agung
Bhuana Alit
1.   Pertiwi
2.   Apah
3.   Teja
4.   Bayu
5.   Akasa
tanah, pasir,batu
air laut, air danau, matahari, cahaya
gas, udara,
ether
tulang, daging, darah, air mata , panas badan,
nafas,
rongga dada, mulut




No comments:

Post a Comment