loading...

Wednesday, August 30, 2017

35 RUMAH ADAT DI INDONESIA DARI MASING-MASING PROVINSI BAG. 2

35 RUMAH ADAT DI INDONESIA DARI MASING-MASING PROVINSI bag. 2
7. RUMAH ADAT LIMAS | RUMAH ADAT PROVINSI SUMATERA SELATAN
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Sumatera Selatan - Limas
Rumah limas merupakan rumah adat di Indonesia yang juga tergolong cukup unik. Dimana rumah ini memunyai atap berbentuk limas dengan arsitektur lantai bertingkat berbentuk panggung. Kayu yang digunakan untuk rangka dan tiang berasal dari kayu ulin. Sedangkan untuk bagian aksen lainnya menggunakan kayu tembesu. Kedua bahan kayu tersebut dikenal sangat bagus kualitasnya, sehingga rumah adat limas mamu bertahan hingga puluhan tahun.
8. RUMAH ADAT RAKIT LIMAS | RUMAH ADAT PROVINSI BANGKA BELITUNG
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Bangka Belitung - Rakit Limas
Rumah adat rakit limas merupakan rumah adat yang sekilas hampir mirip dengan rumah adat limas. Ya, memang benar, rumah adat ini memiliki arsitektur dan aksen yang sama. Karena memang masih serumpun melayu dan berada di bumi Sumatera. Mungkin sedikit perbedaannya adalah pada aksen rakitnya. Bangka Belitung yang merupakan pulau menambahkan aksen rakit tersebut sebagai enanda sekaligus pembeda. Utamanya untuk menunjukkan ciri khas asli belitung.
9. RUMAH ADAT RAKYAT | RUMAH ADAT PROVINSI BENGKULU
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Bengkulu - Rumah Adat Rakyat
Rumah rakyat merupakan rumah adat di Indonesia yang berasal dari provinsi Bengkulu. Rumah adat ini cukup kompleks namun tidak sekompleks rumah adat di provinsi Jambi. Ada beberaa ruangan yang memiliki fungsi khusus di dalam rumah adat rakyat ini. Diantaranya ada ruang berendo atau beranda untuk menerima tamu. Ruang bilik gedang yang digunakan sebagai kamar utama. Ruang bilik gadis digunakan untuk kamar anak perempuan. Ruang laki untuk kamar anak laki-laki. Juga ruang dapur untuk memasak makanan.
10. RUMAH ADAT NOWOU SESAT | RUMAH ADAT PROVINSI LAMPUNG
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Lampung - Selaso Nowou Sesat
Rumah nowou sesat yang memiliki arti rumah ibadah. Menurut kisah setempat, rumah ini didirikan atas dasar beribadah, yakni membangun keluarga dan mendidik anak. Sehingga rumah nowou sesat sebenarnya memiliki makna yang baik dan dalam. Tetapi rumah adat yang berbentuk panggung dan atap ilalang ini sudah hampir jarang ditemui. Padahal rumah adat dari Lamung ini tergolong berarsitektur kayu minimalis. Sehingga tidak terlalu mahal dan sulit membuat bangunan rumah adat yang satu ini.
11. RUMAH ADAT BADUI | RUMAH ADAT PROVINSI BANTEN
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Banten - Baduy
Rumah adat badui meruakana rumah adat yang dibangun oleh suku badui yang berdiam diri di Banten. Karena masih sedikit dekat dengan Sumatera, maka karakteristiknya mirip rumah panggung dengan atap ilalang. Rumah adat badui ini memiliki struktur kayu, bambu dan batu sebagai material penyusunnya. Kayu pada bagian rangka, bambu pada bagian dinding dan tiangnya terbuat dari batu. Rumah adat ini masih bisa dijumpai di beberapa daerah pelosok ujung kulon dan pedesaan di daerah Banten.
12. RUMAH ADAT SUNDA | RUMAH ADAT PROVINSI JAWA BARAT
Rumah Adat di Indonesia - Rumah Adat Jawa Barat - Rumah Adat Sunda
Rumah adat sunda merupakan rumah adat di Indonesia yang memiliki bentuk panggung di daerah Jawa Barat. Bagian depannya juga terdapat tangga atau golodog yang berfungsi untuk keluar masuk rumah. Sedangkan untuk atapnya mungkin yang paling banyak mempunyai jenis/variasi. Beberapa variasi atap yang sering dijumpai adalah atap Jolopong, Badak Heuay, Tagong Anjing, Jubleg Nangkub, Perahu Kemureb, Buka Pongpok dan juga Capit Gunting. Semua jenis tersebut memiliki ciri khas yang berbeda-beda.


No comments:

Post a Comment